SELAMAT DATANG DI PERPUSTAKAAN BADAN PENGUSAHAAN BATAM Perpustakaan Badan Pengusahaan Batam
Gunakan Scroll Mouse/Keyboard Untuk Mengscroll Halaman

Selasa, 27 Januari 2015

Edisi : Pengolahan Bahan Pustaka

Mr. Teguh Sedang Melaksanakan Proses Pengolahan
A. Pengolahan Bahan Pustaka
Pada organisasi suatu perpustakaan, unit pengolahan adalah salah satu aset penting yang harus diperhatikan di dalam pengimplementasian suatu perpustakaan. Karena titik dari keberhasilan suatu perpustakaan tersebut dilihat dari segi pengolahannya. Dikalangan pustakawan istilah pengolahan dapat diterjemahkan menjadi berbagai penafsiran diantarannya, menurut Sutarno (2005:103) pengolahan atau processing koleksi perpustakaan merupakan serangkaian pekerjaan dilakukan sejak bahan pustaka diterima oleh perpustakaan sampai dengan siap dipergunakan oleh pemakai, tujuannya agar semua koleksi dapat ditemukan / ditelusur dan dipergunakan dengan mudah oleh pemakai. Menurut Mastini Hardjoprakoso (1992: 47) pengolahan bahan pustaka dalam perpustakaan adalah proses mempersiapkan bahan pustaka untuk digunakan, segera setelah tibanya bahan pustaka dalam perpustakaan sampai tersusunya di rak atau di tempat lain, siap untuk dipakai. Adapun proses tersebut terdiri dari pemeriksaan bahan pustaka, inventaris, klasifikasi, katalogisasi, perlengkapan dan penyusunan. Dari pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa
, pengolahan bahan pustaka adalah salah satu kegiatan yang dilakukan secara sistematis mulai dari bahan pustaka tersebut masuk hingga siap untuk digunakan oleh pengguna ( user ), yang bertujuan memberikan kemudahan penelusuran informasi  bahan pustaka.

Mr. Aan : Klasifikasi
B. Klasifikasi Bahan Pustaka
Klasifikasi atau pemilahan merupakan salah satu proses vital dalam manajemen perpustakaan yang ideal. Proses ini begitu penting dan merupakan kunci mendasar bagi proses-proses lainnya untuk bisa berjalan secara sistematis, dilihat dari arti istilah klasifikasi itu sendiri. Menurut Mastini Hardjoprakoso (1992 : 48) Klasifikasi adalah suatu sistem pengelompokan atau penggolongan buku – buku menurut suatu aturan yang logis agar memudahkan para pemakai perpustakaan menemukan buku yang dikehendaki. Aturan yang logis itu adalah menurut golongan (kelas) atau cabang ilmu pengetahuan.
Menurut Towa P. Hamakonda dan J.N.B Tairas ( 2001:1 ) klasifikasi adalah pengelompokkan pada sejumlah objek, gagasan, buku atau benda-benda lain kedalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama.
Berdasarkan pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa, klasifikasi adalah salah satu kegiatan penting dalam bidang pengolahan bahan pustaka, yaitu mengelompokkan atau menggolongkan bahan pustaka berdasarkan kelas-kelas ( nomor ) yang sama atau mirip dengan tujuan agar bahan pustaka tersebut dapat tersusun dengan rapi dan mudah untuk melakukan penelusuran, apabila sewaktu-waktu bahan pustaka tersebut diperlukan.  

C.Inventarisasi Bahan pustaka

Mrs. Ommi, team Inventarisasi
Inventarisasi adalah salah satu kegiatan mendaftarkan buku-buku (koleksi bahan pustaka) yang baru masuk pada perpustakaan tersebut,  baik diproleh dari pembelian, hadiah, hibah, tukar-menukar atau pinjam meminjam, harus dicatat kedalam buku induk atau buku inventaris perpustakaan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyusun laporan mengenai perkembangan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan tersebut.
            Menurut Noerhayati    (1986:118) Inventaris koleksi adalah berupa kegiatan pencatatan koleksi bahan pustaka kedalam inventaris (buku induk koleksi) sebagai tanda bukti perbendaharaan perpustakaan. Menurut Mastini Hardjoprakoso (1992:47) inventarisasi adalah  pencatatan setiap bahan pustaka yang masuk secara kronologis. Dari buku, kita dapat mengetahui berapa buku yang telah masuk dalam jangka waktu tertentu, sumber dan harga setiap buku bila dibeli
            Adapun bagian-bagian kolom atau lajur dari buku induk  antara lain:
1.      Tanggal Masuk
2.      Nomor Induk
3.      Pengarang
4.      Judul
5.      Penerbit
6.      Tahun Terbit
7.      Sumber
8.      Harga
9.      Keterangan
Dari pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa, inventarisasi adalah kegiatan pendaftaran atau pencatatan bahan pustaka kedalam buku besar ( buku induk / inventaris ) secara sistematis dengan memuat berbagai keterangan yang dapat mewakili dari pada bahan pustaka tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar