SELAMAT DATANG DI PERPUSTAKAAN BADAN PENGUSAHAAN BATAM Perpustakaan Badan Pengusahaan Batam
Gunakan Scroll Mouse/Keyboard Untuk Mengscroll Halaman

Senin, 26 Januari 2015

Edisi: Layanan OPAC (Online Public Acces Catalogue) Perpustakaan BP Batam

Pemanfaatan OPAC Perpustakan BP Batam
OPAC merupakan suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang dapat digunakan oleh pengguna maupun petugas perpustakaan untuk menelusur koleksi bahan pustaka suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya yang dapat diakses secara online. Fasilitas ini dapat digunakan pengunjung perpustakaan untuk melakukan pencarian katalog, baik katalog buku, majalah, dan laporan penelitian. 
Adapun fitur OPAC meliputi :
Home page OPAC (Online Public Acces Catalog)
–          Pencarian simple search
–          Pencarian advance search
–          Menampilkan detail katalog
–          Menampilkan status ketersediaan buku.Pencarian buku baru
–          Pemesanan/usulan buku
–          Download data digital (abstraksi/full-teks)
Penerapan OPAC pada perpustakaan sangat membantu kinerja pustakawan, begitu juga karyawan, siswa, mahasiswa atau pengunjung ketika mengunjungi perpustakaan BP Batam yang sudah ada OPAC nya.
Hal tersebut sangat efisien dan menghemat waktu. Perpustakaan merupakan sistem informasi yang didalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi, perpustakaan sebagaimana yang ada dan berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai layanan jasa lainnya. (Lasa HS : 1998)

0 komentar:

Posting Komentar